Top Ad unit 728 × 90

random

Tabloid Nova: Portal Lagu Anak Gratis

Tabloid Nova minggu lalu membuat liputan tentang portal lagu anak. Salah satu bagian dari liputannya adalah tentang Pelangi Nada.

Berikut ini kutipan liputan Tabloid Nova tentang Pelangi Nada, portal lagu anak gratis.

Tabloid Nova - Porta Lagu Anak Gratis
***

Asyik, Si Kecil Punya Lagu Sendiri!

Keresahan pada minimnya lagu anak membuat sejumlah orang mulai berkreasi. Kini banyak lagu anak diciptakan dan dipajang di portal lagu anak. Uniknya, siapa pun boleh gratis mengunduh bahkan menyebarkannya.

“Di mobil yang berjalan pun aku belajar // Di super market luas pun aku belajar // Di kebun binatang pun aku belajar // Di mana-mana aku selalu belajar.. “

Inilah sebait lirik lagu anak berjudul Belajar di mana Saja karya Mira Julia (32) alias Lala. Semula, Lala menciptakan lagu itu untuk anaknya yang homeschooling, sekaligus jawaban bagi orang yang bertanya di mana dan kapan anak-anaknya belajar. Sudah beberapa tahun ini Lala memang selalu membuat lagu sendiri untuk buah hatinya, Yudhis (10), Tata (7) dan Duta (3). “Saya membuat lagu untuk anak-anak saya karena tidak ada lagu anak yang baru,” tutur Lala.

Lala berpendapat, seorang Ibu adalah penyanyi terbaik untuk anaknya. Lewat lagu ia bisa mengajar, mendidik, dan berkomunikasi dengan anak-anak. Dengan alat musik piano, kibor, dan terkadang gitar, Ia mencipta lagu anak dan menyanyikannya sendiri. Tak sekadar itu, ia juga merekamnya. Bahkan, Lala ingin membagikannya kepada lebih banyak ibu. “Kebetulan, ada teman yang anaknya juga homeschool, suka lagu Belajar di Mana Saja. Ia minta lagu itu.”

Diunduh gratis

Bermula dari sinilah tahun lalu Lala mulai memasang lagu ciptaannya di blog pribadinya. Orang-orang pun bisa mengunduh secara gratis. Tanpa diduga, begitu banyak orang mengunduh sampai blog itu kelebihan beban dan tak bisa diakses lagi. “Saya paham, lagu anak sekarang memang kurang. Tapi saya tetap tak menyangka, begitu banyak orang merindukan lagu anak yang baru,” ujar Lala yang kemudian khusus membuat portal lagu anak yang beralamat di www.pelanginada.com.

Puluhan lagu yang pernah diciptakannya dimasukkan ke portal tersebut. Ibarat membuat kue, Lala menyajikannya di meja dan siapa pun boleh mencicipinya. “Terkecuali untuk kepentingan komersial, saya persilakan siapa saja untuk mengunduh lagu saya,” kata Lala yang membuat beragam lagu, mulai dari lagu yang sederhana sampai ke nada-nada yang lebih rumit. “Anak-anak zaman sekarang beda dengan dulu. Referensi anak tentang lagu sudah makin beragam. Lagu-lagu saya yang nada-nadanya termasuk susah, ternyata gampang saja dihafalkan anak-anak.”

Lagu-lagu karya Lala, menurutnya aman untuk anak karena bercerita tentang banyak hal universal, seperti tentang cinta pada orangtua, alam, kasih sayang, sampai resep membuat brownies. Judulnya antara lain: Berlayar, Arah Mata Angin, Lagu Cinta untuk Ibu, dan Kala Langit Bersinar.

“Banyak komentar positif. Mereka kemudian memperdengarkan dan mengajarkan lagu-lagu itu kepada anaknya. Bahkan, ada teman yang mengadku mengunduh lagu dan merekamnya dalam CD, kemudian membagikannya ke TK-TK,” tutur alumni Aristektur yang memilih jadi ibu rumah tangga demi mendampingi putra-putrinya.

Beberapa waktu yang lalu, ada seseorang pelajar SMK yang membuat film dokumenter dan akan memakai karyanya. “Ia mengaku enggak punya dana untuk membayar lagu itu. Ya, enggak apa-apa, silakan saja memakai lagu saya secara gratis,” kata Lala yang tidak mengomersialkan lagunya. “Niatan saya memang ingin berbagi.”

Menariknya lagi, terkadang Lala menciptakan lagu dan lirik yang dibuat oleh pengunjung webnya. “Liriknya memang bagus. Saya langsung terbayang dengan lagunya,” kata Lala yang terbiasa mencipta dan merekam lagu saat anak-anak sudah tidur.

“Terkadang, saya ajak anak-anak untuk menyanyi. Nah, mungkin karena saya sering menyanyikannya, anak-anak hafal dan suka lagu-lagu saya. Tentu, saya juga mengajari lagu anak klasik kepada mereka.” Lala yang sudah suka membuat lagu sejak SD ini pun akan terus membuat lagu anak sebanyak-banyaknya. “Mudah-mudahan ada lebih banyak lagi pilihan lagu-lagu anak.”

(Kutipan dari Tabloid Nova, 1250/XXIV, 6-12 Februari 2012; artikel oleh Henry Ismono/Nova.)

***


Tabloid Nova adalah tabloid mingguan yang menyajikan beragam informasi seputar wanita. Tabloid Nova terbit satu minggu sekali. Tabloid Nova memiliki beragam rubrik wanita: rubrik keluarga, kecantikan, kuliner, kesehatan, karier, griya, busana,dll. Artikel tentang Pelangi Nada ini hanya merupakan kutipan dari Tabloid Nova yang relevan, bukan merupakan artikel keseluruhan.
Tabloid Nova: Portal Lagu Anak Gratis Reviewed by Lala on 6:22 AM Rating: 5

No comments:

Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.