Top Ad unit 728 × 90

random

Belajar musik bukan untuk menjadi artis

Sebagian orangtua tidak tertarik untuk memanfaatkan musik atau mengekspos anak dengan musik dan lagu karena beranggapan anaknya tak dididik untuk menjadi artis.

Lho, apa hubungannya belajar tentang lagu dan musik dengan artis?

Antara belajar tentang musik serta memanfaatkan musik untuk pengembangan anak tidak ada hubungannya dengan profesi menjadi artis. Anak yang belajar musik bukan berarti disiapkan untuk menjadi artis. Anak yang belajar menyanyi bukan berarti kalau sudah besar akan menjadi penyanyi.

Musik, nada, lagu dan melodi adalah sebuah sarana yang tersedia di dalam keseharian manusia. Kita memiliki telinga dan rasa estetika yang berpengaruh dalam perkembangan diri kita. Begitu banyak suara alam dan benda-benda di sekitar kita, itu adalah bagian dari musik yang memberikan suasana, rasa, dan ingatan yang menempel di hati.

Musik terlalu sayang untuk diabaikan begitu saja. Musik memiliki pengaruh yang besar dalam pertumbuhan anak. Menurut berbagai penelitian, musik terbukti memberikan pengaruh positif pada berbagai aspek perkembangan anak.

Musik pun adalah sebuah bahasa universal. Berbagai orang dengan latar belajang dan bahasa yang berbeda bisa menikmati musik yang sama. Apa yang mereka raskan sama, walaupun mereka mungkin tak mengerti lirik atau arti lagu yang dinyanyikan.

Image by ForWallpaper


Musik pun hadir di mana-mana dan menjadi bagian dari dunia modern kita. Ada CD, radio, MP3 player, Internet, TV, dan sebagainya yang memutar musik dan lagu sepanjang hari.

Jadi, daripada musik itu hadir secara tak sengaja atau di luar kontrol kita, lebih baik kita proaktif menyikapi musik. Terutama musik yang ditujukan untuk anak-anak kita.

Mari, kita pilih musik untuk anak-anak yang:

  • liriknya sesuai dengan perkembangan usia psikologis anak.
  • bermuatan netral atau positif.
  • melodi yang catchy dan enak didengarkan anak-anak.
  • iramanya nyaman untuk pendengaran anak; tidak terlalu bising atau memicu asosiasi yang buruk pada anak.

Belajar musik bukan untuk menjadi artis Reviewed by Lala on 12:53 AM Rating: 5

No comments:

Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.